Variabel $_SESSION


Variabel $_SESSION adalah Variabel Superglobal didalam PHP yang digunakan untuk mengatur session atau sesi. Sesi merupakan informasi yang disimpan dalam variabel dan informasi tersebut dapat digunakan pada halaman PHP lainnya. Untuk membentuk sesi atau melanjutkan sesi yang telah tersimpan dalam variabel, kita diwajibkan untuk mendeklarasikan session_start(). Deklarasi tersebut dituliskan sebelum sesi dibentuk atau sebelum sesi dipanggil. Ingatlah, Sesi tidak menyimpan data/informasi pada komputer pengguna. 

Kita akan membutuhkan sesi jika membuat website atau aplikasi dengan sistem yang dapat melakukan pendaftaran dan login. Ketika pengguna melakukan login, biasanya disitulah sesi akan dibentuk dan disimpan dalam sebuah variabel. 

Membentuk Sesi Baru

Dibawah ini saya membuat contoh kasus pembentukan sesi, perhatikanlah sintak dibawah ini.

<?php

session_start();

$_SESSION['nama'] = "Bambang Subandono";
$_SESSION['usia'] = "50 Tahun";

?>

Pada contoh pembentukan sesi menggunakan variabel $_SESSION diatas dapat diuraikan penjelasan sebagai berikut:

  • Saya membuat deklarasi untuk memulai pembentukan sesi dengan session_start()
  • Membuat sesi nama dengan nilai "Bambang Subandono" dan menyimpannya dalam variabel $_SESSION['nama']
  • Membuat sesi usia dengan nilai "50 Tahun" dan menyimpannya dalam variabel $_SESSION['usia']

Dapat diambil kesimpulan, ketika pengguna mengunjungi halaman atau dokumen PHP diatas maka secara otomatis akan terbentuk sesi yaitu nama, dan usia. Informasi itu telah tersimpan dalam variabel, dan kita dapat memanggil informasi tersebut dihalaman lain. 

Memanggil Sesi yang Telah di Bentuk

Untuk memanggil sesi yang telah terbentuk dan tersimpan dalam variabel seperti contoh pertama diatas, maka kita hanya perlu memanggil variabel yang mengandung nilai/ informasinya. Ingatlah, meskipun sesi telah terbentuk namun untuk memanggilnya harus tetap mendeklarasikan session_start(). Perhatikan cara memanggil sesi pada sintak dibawah ini.

<?php
//Memulai Sesi
session_start();
?>

<!DOCTYPE html>
<html>
  <body>

  <?php

    echo $_SESSION['nama'];
    //Hasil: Bambang Subandono

    echo $_SESSION['usia'];
   
//Hasil: 50 Tahun
  ?>

  </body>
</html>

Menghancurkan/ Menghapus Sesi

Untuk menghancurkan atau menghapus sesi yang telah tersimpan ketika kita membentuknya, sebenarnya kita hanya perlu menutup browser yang kita gunakan. Secara default sesi akan hilang ketika pengguna menutup browser yang digunakan. Akan tetapi kita dapat menghancurkan atau menghapus sesi yang telah terbentuk dengan menggunakan sintak session_destroy(). session_destroy() sering digunakan pada halaman atau file php yang digunakan untuk melakukan logout pada sistem. Cara penulisan sintak tersebut sangat mudah, hanya tinggal menuliskan sintak seperti dibawah ini.

<?php

session_destroy();

?>

Jadi ketika pengguna mengunjungi file php yang ditulisi sintak diatas, sesi akan secara otomatis hancur/ terhapus. 

Baiklah sobat akawebster, demikian penjelasan singkat tentang penggunaan variabel superglobal $_SESSION. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan, wawasan, serta memberi manfaat untuk kita semua.


Variabel $_GET dan $_POST    -    Variabel $_COOKIE


Berikan Komentar Anda