Variabel $GLOBALS


Sebelumnya kita telah belajar gambaran umum tentang Predefined Variabel atau Variabel yang telah ditentukan didalam PHP. Contoh dari Predefined Variabel salah satunya adalah Variabel Superglobal. Kita telah belajar pada artikel sebelumnya mengenai gambaran umum Variabel Superglobal. Variabel Superglobal memiliki beberapa variabel salah satunya yaitu $GLOBALS.

Variabel $GLOBALS  adalah pernyataan yang dapat digunakan untuk membuat variabel bersifat global. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, variabel bersifat global artinya variabel tersebut tidak memiliki cakupan atau ruang lingkup didalam sebuah naskah PHP. Kita dapat menggunakannya didalam fungsi, method, class, atau dimanapun meskipun variabel yang akan kita gunakan tersebut berada diluarnya.

Tidak seperti variabel superglobal pada umumnya, $GLOBALS pada dasarnya telah tersedia didalam PHP saat kita menginstallnya. 

Agar lebih mudah dalam memahaminya, saya akan membuat contoh kasus penulisan dan penggunaan Variabel $GLOBALS. Perhatikan contoh sintak dibawah ini, setelah itu saya akan coba menjelaskannya.

<?php

$data_orang = "Bambang Subandono";

function CetakNama() {
  echo $GLOBALS['data_orang'];
}

CetakNama();

//Hasil: Bambang Subandono

?>

Dari contoh diatas, dapat diuraikan penjelasan bahwa saya membuat variabel dengan nama $data_orang diluar functions. Kemudian saya membuat sebuah fungsi yang bertugas untuk mencetak variabel $data_orang. Ketika saya melakukan echo pada variabel tersebut, saya harus melakukannya dengan $GLOBALS['data_orang'], meletakkan nama variabel yang dibuat diluar fungsi kedalam keys atau kunci pada variabel $GLOBALS. Secara umum variabel yang berada diluar fungsi tidak dapat digunakan didalam fungsi karena bukan merupakan ruang lingkupnya. Jika kita tidak menggunakan sintak $GLOBALS pada contoh diatas, maka PHP tidak akan dapat mengidentifikasi variabelnya sehingga akan muncul error undefined variable. Dengan menggunakan variabel $GLOBALS inilah sehingga variabel yang berada diluar fungsi dapat digunakan didalam fungsi.

Jadi kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa $GLOBALS digunakan untuk menggunakan variabel agar dapat dipakai dimanapun tanpa dibatasi ruang lingkup atau cakupannya.

Sekiranya itulah yang dapat saya jelaskan tentang salah satu variabel Superglobal yaitu $GLOBALS. Pada kesempatan lain kita akan membahas Variabel Superglobal yang lain. Semoga tulisan ini dapat menambah pengatahuan, wawasan, dan dapat memberikan manfaat untuk kita bersama.


Pengertian Variabel Super Global PHP    -    Variabel $_SERVER


Berikan Komentar Anda