Variabel didalam JavaScript


Variabel dalam JavaScript secara umum serupa dengan Variabel dalam PHP. Kita pernah belajar tentang Variabel dalam Bab PHP sebelumnya, meskipun serupa dari sisi deskripsi dan fungsinya, tetapi secara teknis akan ada perbedaan diantara variabel didalam PHP dan variabel didalam JavaScript.

Variabel adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menyimpan data, data yang dimaksud dapat merujuk ke beberapa tipe data. Jika kamu belum memahami tentang tipe data, akan lebih baik belajar sekilas tentang tipe data. Sebelum kita belajar bagaimana menulis sebuah variabel, alangkah lebih baik jika kita mengenal tipe data apa saja yang dapat disimpan didalam wadah atau variabel pada JavaScript.

Beberapa contoh tipe data yang dapat diisikan dalam nilai variabel JavaScript adalah sebagai berikut:
  • Number : Tipe data nomor dapat berisi data integer atau bilangan real.
  • Boolean : Nilai benar atau salah (True or False).
  • String : Sekelompok karakter atau huruf yang ada didalam tanda petik.
  • Null : Ini merujuk pada penentuan tipe data Null.

Jika kita mengulas kembali tentang variabel didalam PHP, maka kita akan menemukan sebuah perbedaan. Dalam PHP, penulisan value atau nilai variabel tidak begitu ketat, artinya dalam penulisan nilai variabel PHP dapat secara otomatis mengkonversi atau mendeteksi tipe datanya. Sebagai contoh jika dalam PHP kita menuliskan angka 21 meskipun didalam tanda petik ("21") secara otomatis PHP tetap akan membaca sebagai tipe data number atau integer. 

Berbeda dengan JavaScript, jika kita menuliskan nilai variabel pada JavaScript maka setiap penulisan nilai variabel akan memiliki aturan yang berbeda tergantung tipe datanya. Sebagai contoh didalam JavaScript jika kita menuliskan angka didalam tanda petik ("") maka JavaScript akan tetap mengidentifikasi data tersebut sebagai tipe data string. 

Selain aturan penulisan nilai variabel, JavaScript juga memiliki aturan lain yaitu dalam penulisan variabel didalam JavaScript harus dideklarasikan dengan tag var. Tag var berfungsi untuk mendeklarasikan penulisan variabel, dan pendeklarasian ini didalam JavaScript adalah menjadi hal yang wajib. 

Contoh penulisan variabel didalam JavaScript seperti dibawah ini:

<script language="text/javascript"> 

var varbool = true;
var varstring = "Akademi Webmaster";
var varnum = 212312;

</script>

Dari sintak diatas dapat kita urai penjelasan bahwa penulisan variabel didalam JavaScript dideklarasikan dengan sintak var kemudian diikuti nama variabel yang akan kita buat. Kemudian dalam penulisan nilai variabelnya, seperti yang sudah dijelaskan bahwa penulisan dengan menggunakan tanda petik digunakan untuk menulis nilai dengan tipe data string, kita dapat menuliskan nilai atau value variabel tanpa menggunakan menggunakan tanda petik untuk tipe data integer/number, dan juga dapat juga untuk tipe data boolean.

Aturan dalam membuat variabel JavaScript

Seperti halnya dalam bahasa pemrograman lain seperti PHP, JavaScript juga mempunyai aturan-aturan yang harus diperhatikan dalam membuat variabel. Aturan-aturan dalam menuliskan variabel JavaScript yaitu:

  • Variabel tidak boleh menggunakan kata yang telah dicadangkan oleh JavaScript atau yang kita sebut sebagai reserved words
  • Nama Variabel tidak boleh diawali dengan angka (0 s/d 9) namun diperbolehkan dengan menggunakan tanda underscore (_). Contoh: 123var adalah nama variabel yang tidak valid, tetapi jika menggunakan underscore _123var maka menjadi nama variabel yang valid.
  • Variabel JavaScript bersifat Case Sensitive atau membedakan antara huruf besar/ kapital dengan huruf kecil. Sebagai contoh nama variabel Pengguna akan berbeda dengan nama variabel pengguna.
 
Kata yang dicadangkan dalam JavaScript (Reserved Words)

Seperti yang dijelaskan dalam aturan membuat variabel JavaScript pada poin pertama bahwa nama variabel tidak boleh menggunakan kata yang telah dicadangkan oleh JavaScript. Kata yang telah dicadangkan oleh JavaScript bahkan tidak hanya dilarang untuk nama variabel, tetapi juga tidak diperbolehkan digunakan untuk nama functions, method, nama loop/ perulangan, dan beberapa objek lainnya. Dibawah ini merupakan beberapa kata yang telah dicadangkan oleh JavaScript.

abstract
boolean
break
byte
case
catch
char
class
const
continue
debugger
default
delete
do
double
else
enum
export
extends
false
final
finally
float
for
function
goto
if
implements
import
in
instanceof
int
interface
long
native
new
null
package
private
protected
public
return
short
static
super
switch
synchronized
this
throw
throws
transient
true
try
typeof
var
void
volatile
while
with

Baiklah sobat akawebster, demikianlah pembelajaran kita tentang variabel didalam JavaScript. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat untuk kita bersama. Belajar bersama dan menghasilkan manfaat untuk kita bersama pula. 


Eksternal JavaScript    -    Tipe Data JavaScript


Berikan Komentar Anda