Tentang Warna dalam HTML


Bicara tentang warna, banyak diantara para programmer tidak mau ambil pusing tentangnya. Dalam mewarnai websitenya, baik itu background, tabel, atau elemen - elemen HTML lainnya, kebanyakan programmer lebih suka menggunakan nama warna, walaupun tidak jarang juga yang menggunakan kode hexadesimal. Akan tetapi kebanyakan mereka akan menggunakan hexadecimals color converter yang disediakan ratusan website yang menyajikan layanan itu. Tidak masalah, sah sah saja, tetapi akan lebih baik jika kita tahu lebih dalam tentang warna dalam pengaplikasiannya di HTML.

Warna dalam HTML di dispesifikasikan dengan RGB yaitu Red Green Blue (Merah, Hijau, Biru). Kemudian dari spesifikasi itu diformatkan dalam bentuk kode Hexadesimal. RGB mempunyai nilai 6 karakter didalamnya dengan masing masing adalah R (2 karakter), G (2 karakter), dan B (2 karakter). Dalam penulisan menggunakan format Hexadesimal menjadi #RRGGBB (Penulisan warna menggunakan hexadesimal selalu diawali dengan tanda pagar #).

Karakter - karakter yang terdapat dalam hexadesimal adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F. Jumlahnya adalah 16 terdiri dari angka dan huruf. Angka 0 sampai dengan huruf F, menunjukkan nilai terendah sampai tertinggi. Nilai terendah adalah 0, dan nilai tertinggi adalah F. Jika kamu menuliskan kode warna dengan hexadesimal misalkan #00FF11, dalam Spesifikasi RGB itu artinya 00 adalah nilai dari R, FF adalah nilai dari G, dan 11 adalah nilai dari B.

Tahukah kamu bahwa terdapat sekitar 16.777.216  jenis warna yang dapat kita pakai dalam mewarnai elemen pada HTML. Jumlah yang sangat banyak memang, jumlah itu dihasilkan dari seluruh kombinasi kode warna pada pattern RGB. Saya ambil contoh gambar dari Wikipedia Indonesia sebuah tabel yang sederhana namun mengesankan, karena dari tabel ini kita dapat lebih memahami tentang warna pada HTML.

Jika kita lihat tabel warna pada gambar diatas, kita dapat membaca dan memahami bahwa pengkodean warna hexadesimal dihasilkan dari 2 nilai yang terdapat pada pola RGB. Ada kolom Desimal yang mana mempunyai nilai 0 sampai dengan 255. Dibawah ini adalah penjelasan jika kita menggunakan kode desimal dalam mewarnai, umumnya kode desimal digunakan dengan menggunakan CSS (Cascading Style Sheet).

 

Didalam HTML, kamu dapat memberikan warna dengan pola diatas atau bisa juga memberikan warna dengan nama warna itu sendiri. Yahhh, masuk akal bukan. Jika dari kombinasi yang dihasilkan mencapai 16 juta lebih warna yang dapat kita pakai dalam HTML.

Dalam belajar kali ini, kita tidak perlu membahas seluruh kombinasi warna yang begitu banyak. Yang jelas kita mendapat gambaran umum tentang apa itu RGB, bagaimana hubungan warna itu dengan hexadesimal dan desimal. Tidak jarang dari programmer yang telah sering bermain dengan warna di HTML, namun tidak tau apa itu RGB, Hexadesimal, dan Desimal. Terimakasih semoga bermanfaat.

 


Cara Menggunakan Atribut Method dan Action    -    Memberikan Warna Teks dan Background


Berikan Komentar Anda