Pernyataan Continue di dalam PHP


Continue adalah pernyataan yang digunakan untuk melewati evaluasi PHP yang sedang berjalan dalam sebuah perulangan. Continue atau dalam bahasa Indonesia "Meneruskan" ini digunakan ketika kita menghadapi perulangan. Continue dapat digunakan pada semua jenis perulangan didalam PHP, baik itu perulangan For, Foreach, dan lainnya.

Dengan menggunakan continue, memungkinkan kita untuk melompati sebuah tindakan yang seharusnya dilakukan oleh PHP pada kondisi tertentu dan kemudian meneruskan ke tindakan yang selanjutnya. Kita contohkan jika kita membuat sebuah perulangan yang memerintahkan PHP untuk menghasilkan angka 1 sampai dengan 10. Dengan menggunakan continue, kita dapat mengatur kondisi agar PHP tidak mengeksekusi bilangan ganjil atau dapat dikatakan PHP melewati eksekusi ketika menemui bilangan ganjil, dan hanya menampilkan bilangan genap saja. Kita juga dapat melakukan hal sebaliknya, dan dapat juga melakukan hal lain. 

Agar lebih jelas, dibawah ini saya contohkan penggunaan continue didalam PHP. Saya membuat contoh cara menampilkan angka ganjil saja  dan melewati angka genap dari perulangan angka 1 sampai 10. Perhatikan sintak dibawah ini.

<?php

for ($i=1; $i <= 10; $i++) {

  if ($i%2 == 0) {
    continue;
   }

 
echo $i;
}

//Hasil: 13579

?>

Pada contoh penggunaan continue didalam PHP diatas, saya membuat perulangan untuk mencetak angka 1 sampai dengan 10. Kemudian didalam perulangan tersebut saya membuat kondisi yang mana kondisi tersebut memerintahkan "setiap angka yang menghasilkan 0 ketika dibagi 2, maka jalankan pernyataan continue". Maka dari rumus diatas, PHP akan melewati setiap angka yang jika dibagi 2 akan menghasilkan 0. Seperti yang kita tahu, semua bilangan genap dari angka 1 sampai dengan 10 akan menghasilkan angka 0 jika dibagi 2. Maka dalam kata lain, PHP akan melewati bilangan genap tersebut dan hanya mengeksekusi bilangan ganjil saja. 

Itulah contoh sederhana dalam menggunakan pernyataan continue didalam PHP. Semoga tulisan yang singkat ini dapat menambah pengetahuan, wawasan, dan memberikan manfaat untuk kita semua.


Switch, Case, dan Break didalam PHP    -    Perbedaan Include dan Require dalam PHP


Berikan Komentar Anda