Pengertian dan Sejarah HTML5


   Dilihat dari fungsinya, HTML5 sama seperti HTML pada versi sebelumnya yaitu sebagai bahasa markup atau bahasa markah. Disebut HTML5, karena HTML5 merupakan rilis revisi ke lima dari dari HTML. Seperti yang telah kita pejari sebelumnya tentang Struktur Dokumen HTML Dasar, untuk menuliskan sintak HTML5 kita harus mendeklarasikannya dengan tanda <!DOCTYPE html> diawal halaman atau sebelum tag <html>. Kenapa untuk menuliskan HTML5 harus di deklarasikan demikian?. Hal itu untuk memberikan tanda kepada browser, bahwa sintak yang dituliskan tersebut merupakan HTML5 yang secara default menggunakan pengkodean karakter (charset) UTF-8. Character encoding atau pengkodean karakter UTF-8 adalah sebuah pengkodean dengan lebar variable tertentu yang mewakili setiap karakter komputer dalam himpunan karakter Unicode. Untuk mendeklarasikan tipe charset HTML5 juga sangat mudah, yaitu dengan cara menuliskan sintak <meta charset="UTF-8"> di dalam elemen <head>.

HTML5 adalah revisi ke lima dari HTML, HTML pertama kali didirikan pada tahun 1990'an. Versi ke 4 adalah HTML4 yang diciptakan pada tahun 1997. Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin. Pengembangan HTTML5 dilakukan oleh Kelompok Kerja Teknologi Aplikasi Web Hyperteks atau Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG). Setelah dikembangkan sejak tahun 2004 oleh WHATWG kemudian pada tahun 2009 W3C bergabung membangun kerjasama dengan WHATWG untuk mengembangkan HTML5.

Meskipun HTML5 telah dikenal luas oleh para pengembang web sejak lama, HTML5 baru mencuat pada April 2010 setelah CEO Apple Inc., Steve Jobs, mengatakan bahwa dengan pengembangan HTML5, "Adobe Flash sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyaksikan video atau menyaksikan konten apapun di web."

Demikian sekilas tentang HTML5 dan sejarah singkatnya, semoga bermanfaat untuk para sobat webmaster. Yang mungkin jadi pertanyaan oleh sobat pastinya adalah apa saja fitur baru dari HTML5 ini. Pada kesempatan yang lain kita akan belajar bersama tentang hal baru yang ada di HTML5 seperti elemen elemen barunya, dan juga terdapat API (Application Programming Interface) yang baru dan menarik untuk kita pelajari. 


Mengenal Frame dan Frameset    -    Mengenal Model Konten Utama HTML5


Berikan Komentar Anda