Menambahkan teks Kedalam File dengan PHP


Ini adalah kelanjutan tulisan dari yang sebelumnya tentang mengolah file dengan PHP. Pada contoh kasus sebelumnya kita sudah membuat sintak untuk menangani file, yaitu memuka/membuat file kemudian menuliskan sesuatu kedalam file tersebut. Akan tetapi dalam contoh itu saya membuatnya dengan model tindakan w, yang mana telah dijelaskan sebelumnya bahwa model tindakan tersebut akan menghapus isi yang sebelumnya telah ada didalam file. Jika kita ingin menulisi file yang sama tanpa harus menghapus isi sebelumnya, maka kita hanya tinggal merubah model tindakannya dengan mode saat kita menjalankan fungsi fopen()

Perhatikan contoh sintak dibawah ini agar lebih mudah dalam memahaminya.

<?php

$fileku = fopen("nama_file.txt", "a");
$tulisi = "\n Tina Anggraeni \n";
fwrite($fileku, $tulisi);
fclose($fileku);

//Hasilnya fileku.txt akan menambahkan nama : Tina Anggraeni

?>

Kita asumsikan pada contoh diatas kita sebelumnya mempunyai file dengan nama nama_file.txt dan didalamnya terdapat satu baris nama yaitu "Bambang Subandono". Dengan menggunakan sintak diatas, yaitu menggunakan model tindakan a. Maka nama_file.txt akan dibuka dan menambahkan satu baris nama lagi yaitu "Tina Anggraeni" tanpa menghapus teks yang sebelumnya sudah ada.

Baiklah sobat, pada artikel ini memang lebih singkat karena pada dasarnya ini sama dengan artikel sebelumnya hanya saja kita mengubah mode tindakan pada file. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan memberi manfaat untuk kita bersama.


Menulis Kedalam Sebuah File dengan PHP    -    Mengapa Belajar OOP (Object Oriented Programming)


Berikan Komentar Anda