Membuat Fungsi dengan Parameter didalam JavaScript


Halo sobat akawebster, kali ini kita masih belajar tentang function atau fungsi didalam JavaScript. Untuk tulisan ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat fungsi dengan parameter. Sebelumnya kita telah belajar "Sekilas Tentang Fungsi didalam JavaScript". Pada pemebelajaran itu kita telah membahas gambaran tentang apa itu fungsi JavaScript, kegunaannya, dan juga cara penulisannya secara umum.

Baiklah kali ini kita masih berkutat belajar tentang fungsi, jika sebelumnya kita membuat fungsi tanpa menggunakan parameter, kali ini saya mencoba untuk mempelajari cara membuat fungsi JavaScript dengan menggunakan parameter atau argumen. Sebelumnya, akan lebih baik jika kita memahami dulu apa itu parameter atau argumen didalam JavaScript.

Parameter adalah nama variabel yang dituliskan didalam tanda kurung dibelakang nama fungsi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk membuat fungsi, dideklarasikan dengan menuliskan function kemudian diikuti nama fungsinya dengan tanda kurung dibelakangnya. Contoh: function namaFungsi(). Nah, ketika kita membuat fungsi dengan parameter, maka parameter tersebut dimasukkan didalam tanda kurung dengan menggunakan variabel. Nama variabel tersebutlah yang disebut parameter. 

Argumen adalah nilai yang terkandung dalam variabel yang digunakan sebagai parameter. Akan tetapi, banyak dari kalangan programmer menganggap bahwa parameter sama dengan argumen. Meskipun secara makna bisa saja sama, namun sebenarnya itu adalah definisi yang berbeda. Singkatnya, Parameter adalah nama variabel yang digunakan didalam parameter fungsi, sedangkan argumen adalah nilai yang terkandung didalam variabel tersebut.

Untuk lebih mudah dipahami, dibawah ini saya berikan contoh langsung membuat kasus penulisan fungsi dengan satu parameter.

<script language="text/javascript"> 

function namaFungsi(nama) {
  document.write(nama);
}

namaFungsi("Saya Bambang");

//Hasil: Saya Bambang

</script>

Penjelasan dari contoh kasus diatas dapat kita uraiakan. Saya membuat fungsi untuk mencetak sebuah parameter nama, nama didalam tanda kurung tersebut merupakan sebuah variabel yang disebut parameter. Nilai dari variabel nama adalah Saya Bambang, itu yang disebut argumen.

Dilihat dari alur kerjanya, contoh diatas dapat dijelaskan bahwa saya membuat fungsi untuk mencetak satu parameter bernama nama. Ketika saya memanggil nama fungsi tersebut, saya memasukkan sebuah argumen bertuliskan "Saya Bambang". Maka parameter tersebut terisi oleh argumen yang kemudian dicetak.

Kita meningkat membuat fungsi dengan 2 parameter. Ini untuk lebih memperjelas gambaran tentang fungsi dan parameter serta argumen. Perhatikan sintak dibawah ini.

<script language="text/javascript"> 

function namaFungsi(nama, umur) {
  document.write(nama + ", " + umur);
}

namaFungsi("Saya Bambang", "Umur 24 Tahun");

//Hasil: Saya Bambang, Umur 24 Tahun

</script>

Contoh diatas saya membuat fungsi dengan 2 parameter yaitu nama dan umur. Kemudian pada pemanggilan fungsi saya mengirimkan argumen dengan dua kalimat, yaitu: Saya Bambang yang merupakan argumen yang dikirimkan kedalam parameter nama, dan Umur 24 Tahun merupakan argumen yang dikirimkan kedalam parameter umur. Ingatlah jika kita membuat 2 parameter, maka argumen yang dikirimkan juga harus 2. Jika salah satunya tidak diberikan argumen, maka JavaScript akan menampilkan error undefined pada parameter yang tidak dikirimi nilai argumen.

Selain kasus diatas yang telah memberikan contoh membuat fungsi dengan 2 parameter, sebenarnya kita juga dapat membuat 1 buah parameter yang berisi nilai argumen lebih dari 1. Ini akan sangat berguna ketika kita membuat fungsi dengan parameter yang memiliki nilai berbeda-beda. Seperti contoh kasus dibawah ini, penggunaan 1 parameter untuk diisi dengan nilai argumen lebih dari 1 yang berbeda-beda.

<script language="text/javascript"> 

function namaFungsi(nama) {
  document.write(nama + ", ");
}

namaFungsi("Saya Bambang");
namaFungsi("Saya Mawar");
namaFungsi("Saya Melati");

//Hasil: Saya Bambang, Saya Mawar, Saya Melati

</script>

Contoh kasus diatas telah memberi penjelasan bahwa saya dapat mengirimkan beberapa argumen berbeda dari setiap pemanggilan fungsi dan tertanam pada 1 buah parameter. 

Baiklah sobat akawebster, demikian tulisan ini tentang belajar membuat fungsi JavaScript dengan beberapa parameter. Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk kita bersama.

Catatan: "Ingatlah jika kita membuat fungsi dengan 1 atau beberapa parameter dan tidak ada nilai argumen pada salah satu parameter tersebut maka parameter tersebut tidak dapat didefinisikan oleh JavaScript, dan JavaScript akan menampilkan pesan error undefined".


Sekilas Tentang Functions atau Fungsi didalam JavaScript    -    Penggunaan Fungsi Return didalam JavaScript


Berikan Komentar Anda