Membuat Format Teks Menggunakan Elemen


Salam persahabatan sobat akawebster, masih pada pembahasan belajar dasar HTML. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal format - format teks yang dapat dihasilkan menggunakan elemen - elemen HTML Dasar. Seperti beberapa elemen yang sudah kita pelajari pada pembahasan sebelumnya yaitu elemen paragraph <p>...</p>, line break <br />, dan beberapa elemen lainnya. Di dalam HTML, ada beberapa elemen yang dapat kita gunakan untuk membuat gaya teks, mari kita langsung coba menjalankan sintak HTML seperti dibawah ini.

<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
<p>Ini adalah teks reguler</p>
<p><b> Teks tebal </b></p>
<p><big> Teks ukuran besar </big></p>
<p><i> Teks Italic/ Miring </i></p>
<p><small> Teks ukuran kecil </small></p>
<p><strong> Teks strong </strong></p>
<p><sub> Teks ubscripted </sub></p>
<p><sup> Teks superscripted </sup></p>
<p><ins> Teks dengan garis bawah </ins></p>
<p><del> Teks yang dicoret </del></p>
</body>
</html>

Cobalah kamu tuliskan sintak HTML diatas, kemudian simpan dan jalankan dengan menggunakan browser, maka akan menghasilkan output seperti dibawah ini.

Ada beberapa elemen yang menjadi perhatian dari sintak dan hasil diatas, yaitu elemen bold <b>...</b> dan elemen strong <strong>...</strong>. Jika kita lihat, memang hasil dari elemen tersebut sama, yaitu menghasilkan teks tebal. Namun perlu diperhatikan, makna dari kedua elemen itu berbeda, elemen bold bisa diartikan teks tebal tetapi elemen strong mempunyai makna bahwa teks tersebut adalah penting. Penggunaan elemen bold tidak lagi direkomendasikan, saat ini dianjurkan menggunakan elemen strong untuk menekankan bahwa teks itu penting.

Selain elemen strong dan bold, ada juga elemen lain yang menghasilkan keluaran yang sama yaitu elemen <i>...</i> dan elemen <em>...</em>. Kedua elemen tersebut sama - sama menghasilkan teks miring, namun penggunaan elemen <em> itulah yang bermakna bahwa teks itu penting. Gunakanlah elemen yang tepat dalam penulisan sintak HTML walaupun menghasilkan output yang sama, namun ingatlah bahwa maknanya belum tentu sama. Hal tersebut mempengaruhi terhadap identifikasi browser.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 


Membuat Dokumen HTML Pertama Kamu    -    Elemen Headings, Horizontal Lines, dan Penggunaan Comments


Berikan Komentar Anda