Gaya Huruf didalam CSS


Gaya Huruf didalam bahasa Inggris Font Style adalah sebuah properti didalam CSS yang digunakan untuk menentukan gaya dari teks. Kita pernah belajar tentang Jenis Font didalam CSS. Jenis font dan Gaya font, adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sama-sama properti didalam CSS, tetapi mempunyai fungsi yang berbeda.

Properti Jenis Font dituliskan dengan sintak font-family, sedangkan untuk Gaya Huruf atau font dituliskan dengan sintak font-style. Secara umum, properti font-style digunakan untuk menentukan apakah huruf yang kita buat akan di miringkan atau tidak. Meskipun properti font-style mempunyai 3 value atau nilai yang dapat kita tuliskan, tetapi dari ketiga value itu hanya menentukan apakah huruf yang kita buat akan di miringkan atau tidak.

3 Value yang dapat kita gunakan dalam Properti font-style yaitu:

  1. Normal (Huruf normal)
  2. Italic (Sering disebut gaya italic, huruf akan bergaya miring)
  3. Oblique (Juga menghasilkan gaya miring, namun lebih miring dari pada gaya Italic)

 

Dibawah ini contoh penulisan sintak properti font-style.

.normal {
  font-style: normal;
}
.italic {
  font-style: italic;
}
.oblique {
  font-style: oblique;
}

Kemudian seperti biasa, panggil berdasarkan class berdasarkan CSS yang kita buat diatas. kita buat sintak HTML seperti dibawah ini.

<html>
 <head>
  <title> Gaya Font didalam CSS </title>
 </head>
 <body>

  <p class="normal">
    Ini adalah contoh teks dengan Gaya Normal.
  </p>

  <p class="italic">
    Ini adalah contoh teks dengan Gaya Italic.
  </p>

  <p class="oblique">
    Ini adalah contoh teks dengan Gaya Oblique.
  </p>

</body>
</html>

Dan dari sintak CSS serta HTML yang kita buat diatas, akan menghasilkan halaman dokumen seperti dibawah ini.

Gaya Huruf CSS

 

Baiklah sobat akawebster, mudah bukan untuk membuat gaya teks dengan menggunakan properti font-style?. Dalam artikel ini, kita membuat teks miring dengan CSS. Sebenarnya kita pernah juga belajar membuat teks miring dalam artikel Belajar HTML tentang Format Teks Menggunakan Elemen dengan menggunakan elemen <i> yang berarti Italic. Meskipun menghasilkan hasil yang sama, namun tetap saja ini adalah dua hal yang berbeda. Sangat dianjurkan untuk para sobat akawebster, dalam membuat gaya atau style di website gunakanlah CSS. Meskipun beberapa dapat dilakukan langsung dengan HTML, namun kita bicara soal Ketepatan. Ibarat kita menuangkan air, bisa saja menggunakan piring, tapi akan lebih tepat menggunakan gelas. 

Jaga selalu semangat belajar kita, dan bersabarlah dalam belajar dari step ke step. Maka kita pasti akan bisa menjadi seorang webmaster yang profesional. Semoga bermanfaat.


Mengatur Jenis Font dengan CSS    -    Ketebalan Huruf didalam CSS


Berikan Komentar Anda

rhee - blog.binadarma.ac.id/ramadhansutejo
2018-01-12 10:37:58

mantap gan