Elemen Headings, Horizontal Lines, dan Penggunaan Comments


- Elemen Headings

   Elemen Headings di dalam HTML secara defafult memiliki 6 tingkatan berdasarkan keperluan dan kepentingan masing - masing. Tiap tingkatan mempunyai ukuran yang berbeda. Tingkatan headings dalam HTML <h6> <h5> <h4> <h3> <h2> <h1>.

<html>
<head>
  <title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
  <h1> Heading Tingkat 1 </h1>
  <h2> Heading Tingkat 2 </h2>
  <h3> Heading Tingkat 3 </h3>
  <h4> Heading Tingkat 4 </h4>
  <h5> Heading Tingkat 5 </h5>
  <h6> Heading Tingkat 6 </h6>
</body>
</html>

Akan menghasilkan dokumen HTML seperti ini

Kita dapat melihat bahwa tiap tiap tingkatan elemen headings mempunyai ukuran yang berbeda - beda. Ukuran terbesar adalah headings tingkat 1 <h1> dan ukuran terkecil adalah heading tingkat 6 <h6>. Heading telah diatur seberapa ukurannya, dan berapa jarak marginnya. 

Catatan: "Sangat tidak disarankan jika menuliskan sebuah judul hanya dengan membuat ukuran font lebih besar atau hanya menggunakan elemen bold atau strong, hal tersebut karena Search Engine melakukan pengindeksan secara teratur berdasarkan struktur html yg kita tulis. Mesin pencari akan lebih memprioritaskan elemen heading berdasarkan tingkatan pula."

 

- Horizontal Lines

    Seperti namanya, Horizontal lines adalah garis mendatar. Untuk membuat garis mendatar di HTML kamu hanya cukup menggunakan elemen <hr />. Sama seperti line break <br />, Elemen garis mendatar ini juga merupakan elemen tunggal, jadi kamu tidak membutuhkan tag penutup apapun.

<html>
<head>
  <title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
  <p> Paragraph 1 </p>
<hr color="blue" />
  <p> Paragraph 2 </p>
</body>
</html>

   Dapat kita ketahui dari sintak dan hasil diatas, saya menuliskan elemen garis horisontal dengan memasangkan atribut warna, atribut warna saya berikan nilai warna blue atau biru maka terlihatlah hasil garis biru membentang. Panjangnya garis dapat kamu sesuaikan dengan atribut lebar atau width, kamu juga dapat menambahkan atribut-atribut lain sesuai dengan keinginan kamu.

 

- Comments atau Komentar

   Comments atau komentar pada sintak HTML juga merupakan sebuah elemen. Elemen yang satu ini berbeda dengan elemen lainnya, karena elemen komentar ini tidak ditampilkan oleh browser. Lho kok tidak ditampilkan? Lalu untuk apa elemen ini?. Perlu sobat tahu, untuk menjadi programmer yang handal, kamu harus membiasakan menuliskan sintak atau script dengan rapi dan jelas agar kamu tidak kebingungan jika berhubungan dengan sintak yang panjang dan kompleks. Elemen komentar digunakan untuk membuat deskripsi, pengingat, atau catatan lainnya sebagai alat bantu programmer.

<html>
<head>
  <title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>

<!-- Komentar Contoh 1 -->
  <p> Sudah di Komentar Paragraph 1 </p>

<hr color="red" />

<!-- Komentar Contoh 2 -->
  <p> Sudah di Komentar Paragraph 2 </p>

</body>
</html>

Hasil dari sintak diatas akan seperti dibawah ini.

Komentar di tuliskan dengan tag pembuka dan penutup seperti ini <!-- ... -->. Kita bisa lihat pada tag pembuka menggunakan tanda seru (!) namun di tag penutup tidak diberi tanda seru. Dari hasil diatas, kita bisa lihat bahwa teks yang ada didalam elemen itu tidak ditampilkan di browser, karena memang seperti yang dijelaskan tadi. Bahwa elemen komentar digunakan hanya untuk memberikan deskripsi, pengingat, atau catatan terhadap sintak yang kita tulis sebagai alat bantu programmer.


Membuat Format Teks Menggunakan Elemen    -    Memasukkan Gambar Kedalam Halaman HTML


Berikan Komentar Anda