Deskripsi dan Penggunaan Elemen Anchor


   Elemen anchor dituliskan dengan tag <a>...</a>. Fungsi dari tag anchor ini adalah memberikan tautan atau link dari satu halaman HTML ke halaman lain. Kamu dapat memberikan nilai tautan pada teks, gambar, atau elemen HTML lainnya. Atribut yang harus disertakan dalam tag ini adalah atribut href yang memungkinkan kita memberikan nilai kemana arah tautan itu akan dituju. 

<html>
<head>
  <title>Halaman Anchor</title>
</head>
<body>

  <a href="google.com"> Klik Google </a>

</body>
</html>

Dari sintak diatas, akan menghasilkan teks bertuliskan Klik Google. Meski hanya sebuah tulisan, namun bukan hanya sekedar tulisan. Tulisan tersebut mengandung nilai tautan yang apabila kita klik tulisan itu maka akan diarahkan ke google.com sesuai dengan nilai yang ada di atribut href

Secara default, tautan yang belum di klik akan mengandung garis bawah dan berwarna biru, tautan yang sudah di klik akan mengandung garis bawah namun warna telah berubah menjadi ungu, kemudian sebuah tautan yang sedang aktif akan mengandung garis bawah dan berwarna merah. Kamu dapat mengubah tampilan sesuai dengan keinginanmu, disarankan menggunakan css (Cascading Style Sheet).

 

Tautan dalam HTML memiliki beberapa jenis yaitu Link Absolute, Link Relative, dan Link Self.

 

- Link Absolute

  Adalah tautan yang mengandung nilai tautan dari luar atau yang sering disebut eksternal link. Penulisan nilai dalam atribut href pada eksternal link ini biasanya menyertakan tautan lengkap dengan domainnya. Contoh sebagai berikut.


  <a href="http://akawebster.com/arsip-belajar-html/"> Absolute Link </a>

 

- Relative Link

  Adalah tautan yang mengandung nilai tautan dari dalam atau yang sering disebut internal link. Maksudnya adalah tautan tersebut menghubungkan satu dokemen dengan dokemen lain dalam koridor website itu sendiri. 


  <a href="file_hubung.html"> Relative Link </a>

 

- Self Link

  Berbeda dengan tautan absolut dan relatif, tautan ini tidak mengarahkan ke dokumen atau halaman lain akan tetapi mengarahkan pada sebuah elemen atau objek yang telah ditentukan namun masih dalam satu halaman yang sama. Jenis tautan ini sering digunakan untuk sebuah halaman HTML yang sangat panjang. Saat ini jenis tautan self link sering digunakan pada template website landing page yang biasanya hanya mempunyai satu halaman saja. Contoh penggunaan self link adalah menggunakan tanda pagar (#) pada nilai atribut href.


  <a href="#kontak_kami"> Selft Link </a>

Selain atribut href, ada juga salah satu atribut yang sering digunakan dalam penerapan tag <a> yaitu atribut target. Pada atribut ini kita dapat memberikan nilai apakah tautan yang diarahkan akan muncul dihalaman yang sama, atau di jendela baru. Nilai default tautan jika kita tidak menuliskan target ini adalah _self.


<a href="www.akawebster.com" target="_blank"> Target Blank</a>
<a href="www.akawebster.com" target="_self"> Target Self </a>
<a href="www.akawebster.com" target="_parent"> Target Parent </a>
<a href="www.akawebster.com" target="_top"> Target Top </a>
<a href="www.akawebster.com" target="framename"> Target Sebuah Frame </a>
  • _blank Membuka dokumen yang terhubung di jendela atau tab baru.
  • _self Membuka dokumen tautan di halaman yang sama dengan letak dimana link itu diklik.
  • _parent Membuka dokumen terkait dalam bingkai induk (Hasilnya hampir sama dengan _self).
  • _top Membuka dokumen terkait di seluruh jendela (Hasilnya hampir sama dengan _self).
  • framaame Membuka dokumen terkait kedalam sebuah frame atau bingkai yang ditentukan.
Catatan: "Pada HTML5, elemen anchor mempunyai beberapa atribut baru, dan beberapa atribut pada versi HTML 4.01 tidak lagi dianjurkan saat ini."


Memasukkan Gambar Kedalam Halaman HTML    -    Mengenal Ordered List dan Unordered List dalam HTML


Berikan Komentar Anda

akang - www.capsadominopkr.xyz
2018-11-16 17:34:14

terimakasih atas infonya gan!!