Comments atau Komentar CSS


  Comments atau dalam bahasa Indonesia Komentar adalah sebuah sintak yang digunakan untuk membuat deskripsi, pengingat, atau catatan lainnya sebagai alat bantu programmer. Dilihat dari fungsinya, komentar didalam CSS sama dengan komentar pada HTML hanya saja penulisan sintaknya berbeda. Baca kembali artikel HTML tentang Elemen Headings, Horizontal Lines, dan Penggunaan Comments, disitu juga membahas tentang penggunaan komentar. 

Penulisan komentar didalam CSS dibuka dengan tanda /* dan ditutup dengan tanda */. Sintak CSS yang ada diantara tanda itu maka akan diabaikan oleh browser atau tidak dibaca oleh browser. Lho kok diabaikan?, karena memang penggunaan komentar hanya sekedar untuk menuliskan sebuah catatan, deskripsi, atau pengingat saja. Contoh penulisan komentar didalam CSS adalah sebagai berikut.

/* Gaya1 untuk warna teks halaman utama */

.gaya1 {
    color:white;
    }

/* Contoh penggunaaan Komentar
Lebih dari satu baris */

Sintak diatas adalah contoh penggunaan komentar didalam CSS. Seperti yang kita lihat, penggunaan komentar juga dapat diterapkan untuk baris lebih dari satu atau yang sering kita sebut multiple lines (banyak baris). Jadi walaupun kita mempunyai banyak baris sintak atau catatan yang berada didalam tanda komentar, maka baris-baris itu akan diabaikan oleh browser.

Kebanyakan programmer menganggap remeh penggunaan komentar, namun ketahuilah jika kita ingin menjadi seorang programmer yang handal dan profesional, kita harus membiasakan penulisan sintak dengan rapih. Penggunaan komentar akan sangat membantu kita jika sintak yang kita tuliskan sangat banyak dan kompleks.  

Memanfaatkan tanda komentar untuk menuliskan deskripsi, catatan, ataupun pengingat mengenai sintak yang kita buat itu terkesan bijaksana. Jika kita telah selesai dalam menulis sintak, dan beberapa tahun berlalu kemudian membuka kembali sintak yang telah kita buat. Maka dengan sangat cepat kita akan memahami sintak yang telah kita buat dengan adanya catatan atau pengingat. Karena yang namanya manusia, pastilah mempunyai daya ingat yang terbatas dan sangat mungkin untuk lupa apa lagi jika sintak/ script yang kita tulis panjang dan kompleks.

Demikian belajar singkat kita mengenai komentar didalam CSS. Semoga belajar yang singkat ini dapat bermanfaat untuk kita bersama.


Mengenal Aturan dan Selektor dalam CSS    -    Mengatur Ukuran Font dengan CSS


Berikan Komentar Anda