Cara Menggunakan Atribut Method dan Action


   Sebelum kita belajar bareng tentang penggunaan atribut method dan action ini, kita telah membahas tentang Membuat Form dengan Sintak HTML. Form memiliki atribut method, untuk apa atribut method digunakan?. Atribut method atau dalam bahasa indonesia metode, adalah sebuah atribut yang digunakan untuk menentukan metode HTTP yang dikirimkan ke server. Apa itu HTTP?, HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol. Secara umum, HTTP digunakan untuk membuka komunikasi antara permintaan client kepada server. Nah atribut method itu adalah metode pengiriman permintaan yang digunakan. Dalam konteks ini, Client yang dimaksud adalah pengguna yang melakukan input data pada form di browser kemudian dikirim dengan metode yang telah ditentukan oleh atribut method tadi kepada server (Hosting dari sebuah website).

Metode pengiriman permintaan kepada server yang paling banyak digunakan dalam pemrograman website ada 2 yaitu:

- GET


<form method="GET"> ... </form>

Catata penting dalam menggunakan method GET 

  • Data yang dikirim akan tampil dan terlihat sebagai URL pada browser
  • Method GET dapat di-cache
  • Method GET tetap ada dalam riwayat browser
  • Method GET bisa di bookmark
  • Method GET tidak boleh digunakan saat menangani data sensitif (seperti username dan password)
  • Method GET panjang karakter mempunyai batas tertentu

 

- POST


<form method="POST"> ... </form>

Catatan penting dalam menggunakan method POST ini seperti kebalikan dari method GET

  • Data yang dikirim tidak akan terlihat di URL pada browser
  • Method POST tidak dapat di-cache
  • Method POST tidak ada dalam riwayat browser
  • Method POST tidakbisa di bookmark
  • Method POST digunakan saat menangani data sensitif (seperti username dan password)
  • Method POST panjang karakter tidak mempunyai batas

 

Oke para sobat webmaster yang budiman, diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai atribut Method dengan 2 jenis valuenya yaitu GET dan POST. Kemudian satu atribut lagi yang harus kita pelajari yaitu atribut Action. Penulisan atribut inipun sama dengan atribut pada umumnya.


<form action="eksekutor.php" method="GET"> ... </form>


Apa itu atribut Action?

Agak susah juga nih merangkai kata - kata tentang deskripsi atribut Action. Atribut Action adalah sebuah atribut yang menentukan kemana arah data formulir itu akan dikirm. Contoh diatas saya menentukan bahwa data inputan yang ada didalam form akan dikirim dan diproses oleh sebuah file yang bernama eksekutor.php. Lho kok kenapa file PHP?. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk melakukan pemrosesan data setidaknya kamu harus menggunakan satu bahasa pemrograman, salah satunya yaitu PHP. HTML bukanlah bahasa pemrograman, ia adalah bahasa markup sehingga tidak dapat melakukan tugas ini.

Dari contoh sintak diatas, alur logikanya seperti ini. Contoh saya adalah seorang yang mengisi form pada browser, saya beserta browser berperan sebagai client kemudian meng klik tombol submit. Kemudian client mengirim permintaan dengan metode GET kepada server. Setelah itu server mengidentifikasi metode itu, dan membaca bahwa file eksekutor.php lah yang bertugas menangani permintaan itu. Selanjutnya server mengembalikan kembali hasil dari pemrosesan itu kepada client dan menampilkan data yang telah di eksekusi oleh file eksekutor.php.

 

Mari kita uji coba penggunaan atribut Method dan Action.

Saya akan memberikan contoh penggunaan method GET dan juga POST agar sobat webmaster dapat melihat perbedaan kedua metode itu, walaupun secara umum fungsi dari kedua metode itu sama, yaitu mengirimkan permintaan pemrosesan dan eksekusi data kepada server.



<form method="POST" action="eksekutor.php">

Nama Lengkap: <br />
<input type="text" name="nama" /> <br /> <br />

Jenis Kelamin: <br />
<input type="radio" name="gender" value="Pria" /> Laki-laki <br />
<input type="radio" name="gender" value="Wanita" /> Perempuan <br /><br />

<input type="submit" name="" />

</form>

Dari sintak diatas saya membuat sebuah formulir dengan 2 input. Yang pertama inputan dengan tipe teks yaitu nama, kemudian Inputan dengan tipe radio dengan nama gender. Hasil sintak diatas akan seperti dibawah ini.

Form diatas mempunyai metode POST dengan atribut action mengarah pada eksekutor.php, maka mari kita buat contoh file eksekutornya. Dalam contoh penulisan file PHP ini saya belum akan membahas terlalu dalam karena pada chapter ini kita berfokus pada pembahasan dasar HTML. Kita akan bahas lebih dalam tentang PHP pada kategori tersebut. Contoh ini agar memudahkan pemahaman temen - temen sobat webmaster. 


<h3> Formulir telah di eksekusi </h3>
<h4> Nama Lengkap :
<?php
echo $_POST['nama'];
?>
</h4>
<h4> Jenis Kelamin :
<?php
echo $_POST['gender'];
?>
</h4>

Setelah kita buat file eksekutornya, simpanlah sebagai file PHP dengan nama eksekutor.php. Nama file dan nilai atribut pada action harus sesuai. Sekarang kita coba untuk melakukan input pada form yang telah tadi dibuat. Isikan nama, dan jenis kelamin setelah itu klik tombol kirim/submit. Maka akan muncul hasil seperti dibawah ini.

Permintaan yang kita kirimkan diproses dan di eksekusi oleh file eksekutor.php kemudian menampilkannya pada halaman dan kita pun akan secara otomatis diarahkan pada file eksekutor.php. Itu adalah contoh sederhana dalam penggunaan metode POST.

Kemudian kita lanjutkan membuat contoh form dengan method GET. Sintak yang kita tuliskan hampir sama dengan sintak pada metode POST diatas, hanya kita mengubah pada atribut method diisi dengan nilai GET.


<form method="GET" action="eksekutor.php">

Nama Lengkap: <br />
<input type="text" name="nama" /> <br /> <br />

Jenis Kelamin: <br />
<input type="radio" name="gender" value="Pria" /> Laki-laki <br />
<input type="radio" name="gender" value="Wanita" /> Perempuan <br /><br />

<input type="submit" name="" />

</form>


Hasil dari sintak diatas akan sama persis menampilkan form seperti pada contoh metode POST, karena kita hanya mengganti metodenya saja. Kemudian kita ganti juga sintak PHP yang akan memprosesnya. 


<h3> Formulir telah di eksekusi </h3>
<h4> Nama Lengkap :
<?php
echo $_GET['nama'];
?>
</h4>
<h4> Jenis Kelamin :
<?php
echo $_GET['gender'];
?>
</h4>

Sekilas pada sintak formulir maupun PHP yang kita buat hanya berbeda di metode saja. Dan jika dijalankan menghasilkan hasil yang sama dilayar. Tapi lihatlah perbedaan dari kedua metode diatas pada gambar dibawah ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, walaupun metode POST dan GET mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai metode mengirimkan data. Akan tetapi kedua metode ini sangatlah berbeda. Kita dapat melihat data yang kita kirim dari formulir berada di tab URL browser jika kita menggunakan metode GET. Itulah alasan mengapa metode ini tidak disarankan untuk digunakan pada formulir data - data yang sensitif dan penting.

Baiklah sobat webmaster sekalian, artikel kali ini cukup panjang kita belajarnya. Semoga mudah untuk dipahami dan bermanfaat untuk kita semua.


Membuat Form dengan Sintak HTML    -    Tentang Warna dalam HTML


Berikan Komentar Anda